Selasa, 14 Agustus 2012

Tradisi RAMADHAN

RAMADHAN atau sering disebut bulan puasa.
Ngga cuma di luar Negeri, tapi di Indonesia juga 'ikut' menyambut bulan suci itu. Banyak sekali tradisi-tradisi di Indonesia yg menyambut bulan puasa, tapi ngga cuma saat akan 'bertemu' bulan puasa, saat selesai bulan puasa pu ada tradisi nya lho.
#Ini melalui survei dari lingkungan sekitar#

Sebelum puasa
biasanya tradisi yg dilakukan Syukuran masyarakat di sekitar rumah gua nyebutnya "nunjakan" dalam proses tersebut dimana ibu" rumah tangga (yg memiliki rezeki lebih) untuk memasak makanan seperti lontong/ketupat, opor ayam dll. Makanan tersebut biasanya dibagikan kepada tetangga sekitar, sanak saudara, dan juga ke masjid. Biasanya yg masak itu saudara2 sendiri #mungkin ongkos lebih hemat#.


Berbuka dan Sahur
Di masjid" sekitar rumah setiap hari ngadain "bukber" (selama ramadhan), mulai dari anak2, remaja, dewasa, ataupun orangtua boleh ikut asalkan puasa *yaiyala*. Menu nya sih ngga mewah-mewah banget, asalkan bisa membatalkan puasa dan bisa mengganjal perut untuk kita sementara. Mulai bukber nya dari jam 17.30-18.00 disana kita ngga perlu membawa makanan sendiri, tapi panitia masjid sudah menyediakan makanan nya untuk kita, ngga perlu khawatir sama makanan yg ada di masjid karena makanan yg aa di masjid itu sendiri dari warga sekitar yg menyumbang. Ya walaupun gua sendiri ngga pernah bukber di masjid soalnya saya sendiri kan 'wanita' di masjid itu kebanyakan 'pria' #ratarata#.
Saat sahur beda lagi bukan masjid yg menyediakan makanan nya tapi kita sendiri yg menyiapkan, masjid hanya membantu kita saat membangunkan para warga yg ingin sahur, mengiringinya dengan lagu2 'arab', dan memberitahukan kalau waktu imsak telah tiba.

Malam Lailatul Qodar
Malam ini sangat mulia sekali, bagaikan 'malam seribu bulan' dan warga sekitar rumah gua menyambut nya dengan 'kebiasaan' yg unik. Kenapa? karena disaat malam itu tiba warga sekitar 'berbondong-bondong' memasak makanan yg sama (opor ayam) tapi itu bukan kewajiban yg harus di penuhi, itu hanya untuk warga yg memiliki rezeki lebih. Sama seperti saat buka puasa, makanan tersebut dibagikan ke warga sekitar.

Akhir puasa
Biasanya yg dilakukan adalah "berburu baju baru" tidak memandang muda, tua, wanita, ataupun pria. Semuanya ingin memiliki baju baru, ada yg belanja dari jauh-jauh hari, sebelum puasa, ada yg saat malam takbiran, tapi ada juga sih yg ngga membeli.

Malam Takbiran
Banyak sekali muda mudi yg 'keluar' rumah ber jalan jalan saat 'takbiran' alesanya ya karna meriahkan malem takbiran, ingin mencari suasana baru, ikut-ikutan, jalan-jalan, ada juga yg alesanya "kalo malem takbiran semua barang di pasar murah" emang ada yaa?? kalo emang ada emak gua, gua suru belanjanya di malem takbiran aja biar murah :D
Tapi kalo di luar ngga cuma muda mudi yg berbelanja aja, tapi ada juga 'sekelompok' remaja yg menyerukan takbir #itu baru bagus#. yaa walopun ngga pernah takbiran disini (biasanya dikampung).

Mudik Lebaran
Banyak sekali warga Jakarta yg ingin pulang ke kampung halaman, ngga cuma penduduk yg laen, tapi warga sekitar rumah juga begitu (keluarga saya pun begitu :D)
Sudah jauh-jauh hari 'mereka' merencanakan"pulang kampung" alesanya sih takut kehabisa tiket. (kalo pake kereta, pesawat, kapal) tapi bagi gua ngga perlu rencanain jauh-jauh hari untuk mesen tiket, berangkat malem takbiran pu jadi :D.
Sebenernya sih lebaran di Jakarta juga bisa, tapi si adek pengin nya di kampung, katanya di kampung itu enak dapet banyak 'salam tempel' kalo di Jakarta kan ngga ada. "kata adek gua".
Iyasih, di kampung enak, banyak saudara2 disana, dasar anak2.

Mungkin sekian info yg bisa saya infokan, semoga terhibur :)

#RealPost#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar