Minggu, 12 Agustus 2012

Puding, Jelly dan Agar-agar

Pasti diantara kalian banyak yg bingung, apasih bedanya puding, jelly dan agar-agar.
Untuk mengetahui info yg lebih lanjut, simak infonya yaaa :)


PUDING



Puding adalah nama untuk berbagai hidangan penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Istilah puding juga dipakai untuk berbagai jenis pai berisi lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang.
Puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu. Puding seperti ini rasanya manis dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Tepung puding instan memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air panas.



JELYY


Jeli merupakan produk yang dibuat dengan bahan utama hidrokoloid, seperti agar- agar, karagenan, koniyaku, dan sumber-sumber lainnya. Berbagai jenis hidrokoloid tersebut memiliki tekstur dan karakter yang berbeda-beda. Ada yang memiliki tektur rapuh, kenyal dan lain- lain. setiap sumber memiliki kecenderungan tekstur yang berbeda-beda. Oleh karena itu biasanya dalam produk jeli yang terdapat di pasar, berbagai sumber tersebut dipadukan dengan perbandingan tertentu, sehingga dihasilkan jelly yang memiliki tekstur yang khas.



AGAR-AGAR



Agar-agar sebenarnya adalah karbohidrat dengan berat molekul tinggi yang mengisi dinding sel rumput laut. Ia tergolong kelompok pektin dan merupakan suatu polimer yang tersusun dari monomer galaktosa. Agar-agar dapat dibentuk sebagai bubuk dan diperjualbelikan.
Gel terbentuk karena pada saat dipanaskan di air, molekul agar-agar dan air bergerak bebas. Ketika didinginkan, molekul-molekul agar-agar mulai saling merapat, memadat dan membentuk kisi-kisi yang mengurung molekul-molekul air, sehingga terbentuk sistem koloid padat—cair. Kisi-kisi ini dimanfaatkan dalam elektroforesis gel agarosa untuk menghambat pergerakan molekul obyek akibat perbedaan tegangan antara dua kutub. Kepadatan gel agar-agar juga cukup kuat untuk menyangga tumbuhan kecil sehingga sangat sering dipakai sebagai media dalam kultur jaringan.

Sekian, semoga bermanfaat :)


Sumber:
http://saritrisnacitta-11ipa1.blogspot.com/2011/12/apa-itu-jelly-puding-dan-agar-agar.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Puding
http://id.wikipedia.org/wiki/Agar-agar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar